Bulan Maret Lebong Command Center Akan Diresmikan

Jika tidak ada kendala, Maret Bupati Lebong, H Rosjonsyah, S.IP, M.Si akan meresmikan ruang Lebong Command Center (LCC) yang letaknya bersebelahan persis dengan ruang kerja bupati.

Peresmian masih menunggu kelengkapan peralatan penunjang yang tahun ini sudah dianggarkan dananya Rp 1,45 miliar dalam APBD Kabupaten Lebong melalui pos kegiatan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Lebong.

Disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo SP Kabupaten Lebong, Doni Swabuana, ST, M.Si, peralatan penunjang LCC yang akan dibeli itu meliputi sejumlah perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Di antara perangkat keras itu, 15 unit TV wall yang masing-masing berukuran 55 inci. “Termasuk prosesor, UPS (uninterruptible power supply, red), stabilizer beserta perangkat keras lainnya,” ujar Doni.

“Sedangkan untuk perangkat lunaknya meliputi pemasangan jaringan Closed Circuit Television (CCTV). Yakni untuk jalur command center Polres Lebong yang diintegritaskan ke LCC Pemkab Lebong. Termasuk jaringan server dan koneksi internetnya. “Setelah seluruh perangkat selesai dipasang, LCC langsung diresmikan oleh Pak Bupati sekaligus launching website dan aplikasi layanan berbasis internet masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah, red),” terang Doni.

“Keberadaan LCC, diakui Doni akan sangat bermanfaat dalam mendukung program pembangunan Lebong. Salah satunya program Lebong Smart City 2023. Nantinya LCC akan dijadikan pusat kendali dari seluruh pelayanan publik Pemkab Lebong kepada masyarakat. Melalui aplikasi itu, bupati semakin mudah memonitor jalannya pelayanan publik seluruh OPD sehingga dapat meminimalisir terjadinya pelayanan yang tidak maksimal atau merugikan masyarakat,” tutup Doni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.