Kominfo SP Lebong Tinjau Command Centre Muba

CANGGIH: Plt. Kepala Diskominfo SP Lebong, Doni Swabuana saat meninjau ruang Command Centre Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel bersama Ketua PWI Lebong, kemarin (20/9).

LEBONG – Dalam menunjang persiapan pembangunan Command Centre di Kabupaten Lebong, kemarin (20/9) tim operator Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Lebong berkunjung ke Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan. Sasaran lebih ditujukan kepada pemasangan Digital Security System (DSS) di titik-titik strategis Kabupaten Muba.

Dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo SP Kabupaten Lebong, Doni Swabuana, ST, M.Si, pihaknya sengaja belajar ke Muba karena Dinas Infokom baru menerapkan sistem ini tahun 2017. Sudah cukup banyak manfaat yang diperoleh Pemkab Muba dalam menerapkan sistem ini. ‘’Salah satunya membantu polisi dalam mengungkap sejumlah pelaku kejahatan dan insiden kecelakaan lalu lintas,’’ ujar Don.

Tentunya sangat sesuai jika diaplikasikan di Kabupaten Lebong yang angka kecelakaan lalu lintasnya terbilang tinggi. Akan lebih maksimal lagi jika sistem komando terpusat itu dapat diterapkan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab Lebong.

‘’Pak Bupati akan lebih mudah mengawasi aktivitas seluruh OPD tanpa harus turun ke lapangan,’’ terang Doni.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Infokom Kabupaten Muba, Dick Meiriando mengaku baru menerapkan command centre tahun 2017 dengan jumlah awal 9 titik. Bahkan sistemnya baru dioperasikan Desember 2017 dan tahun ini dilanjutkan ke pemasangan 5 titik baru.

‘’Alhamdulillah sistem ini bisa berjalan normal sehingga menunjang pengawasan Pemkab Muba terhadap titik-titik rawan kejahatan dan kecelakaan lalu lintas,’’ ujar Dick.

Untuk mengaplikasikan sistem itu, Infokom Muba telah menghabiskan anggaran Rp 2,5 miliar. Dimana pemasangan DSS di setiap titiknya memakan dana mencapai Rp 150 juta. Sedangkan peralatan untuk server menelan dana Rp 500an juta.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Diskominfo SP Kabupaten Lebong juga menyertakan sejumlah jurnalis Kabupaten Lebong, termasuk Ketua PWI Kabupaten Lebong, Muhrista Delda, SIP

Sumber: http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2018/09/21/kominfo-tinjau-command-centre-muba/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.